Selasa, 19 Juni 2018

Review Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia (Motivasi)


REVIEW JURNAL MSDM


Jurnal Nasional I
Judul
PENGARUH MOTIVASI DAN KEMAMPUAN TERHADAP KINERJA
Jurnal

Volume dan Halaman
Vol. 1 No.1
Tahun
Juni 2006
Penulis
Luhgiatno
Reviewer
Febby Anzelia
Tanggal
14 Juni 2019




Tujuaan Penelitian
Untuk mengetahui sejauh mana pengaruh motivasi karyawan terhadap kinerja karyawan, mengetahui
 sejauh mana pengaruh kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan, dan sejauh mana pengaruh motivasi dan kemampuan karyawan terhadap kinerja karyawan.
Subjek Penelitian
Subjek dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di PT. Gelora Fajar Farma Semarang. Berdasarkan data yang diperoleh jumlah karyawannya sebanyak 75 Orang. Dengan demikian ukuran populasi dalam penelitian ini adalah 75 Orang.
Metode Penelitian
Jenis dan Sumber Data
Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang relevan dengan tujuan penelitian.
Sedangkan data primer dan data sekundernya adalah:
1. Data Primer Adalah data yang diperoleh langsung dari sumber data yang disimpulkan secara khusus dan  berhubungan langsung dengan masalah yang diteliti (Cooper and Emory, 1995). Data primer yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan (kuesioner) kepada para responden yaitu karyawan di PT. Gelora Fajar Farma.
2. Data Sekunder Adalah data yang tidak diperoleh langsung atau buku diusahakan sendiri pengumpulannya oleh peneliti (sugiyono, 2000). Dalam hal ini data sekunder ditujukan untuk memperoleh gambaran umum serta untuk mendudukung data penelitian. Data sekunder diperoleh melalui data administrasi yang di dapat dari dokumen-dokumen PT. Gelora Fajar Farma dan Wawancara dengan responden.
Langkah-langkah Penelitian
Uji Asumsi Klasik
1.     Uji Normalitas
2.     Uji Multikolinearitas
3.     Uji Heterokedastistas
4.     Dengan teknik secara acak menggunakan kuesioner
Hasil Penelitian
Hasil dari analisis kualitatif maupun kuantitatif dalam penelitian ini dapat disimpulkan, sebagai  berikut:
1. Hasil analisis uji T pada faktor Motivasi menunjukkan nilai absolut thitung (6.065) lebih besar dari pada ttabel (1.9939) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini mengartikan bahwa variabel Motivasi berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja.
2. Hasil analisis uji T pada faktor Kemampuan menunjukkan nilai absolut thitung (6.390) lebih  besar dari pada ttabel (1.9939) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Ini mengartikan bahwa variabel Kemampuan berpengaruh secara parsial terhadap Kinerja.
3. Hasil analisis uji F pada faktor Motivasi dan Kemampuan menunjukkan hasil perhitungan Fhitung sebesar 20.151 sedangkan Ftabel sebesar 2.5008. Karena Fhitung lebih besar dari Ftabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa variabel Motivasi dan Kemampuan berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja.
Kekuatan Penelitian
Kekuatan penelitian ini adalah bisa sebagai evaluasi terhadap kebijakan-kebijakan yang telah diambil pimpinan terutama yang berkaitan dengan upaya untuk meningkatkan kinerja karyawan
Kelemahan Penelitihan
Responden dengan teknik secara acak, harusnya lebih signifikan
Saran Reviewer
Fokuskan kepada satu divisi saja dalam sebuah perusahaan agar lebih intens dalam memahami hasil sebuah penelitian di tempat tersebut.


Jurnal Nasional II
Judul
PENGARUH KEMAMPUAN, MOTIVASI DAN KINERJA PEGAWAI TERHADAP PRODUKTIFITAS KERJA (STUDI KASUS DI BAPPEDA KABUPATEN KEDIRI)
Jurnal

Volume dan Halaman
Vol. 1 No.2
Tahun
September 2012
Penulis
Debby Triasmoro
Reviewer
Febby Anzelia
Tanggal
14 Juni 2019

Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.Memberi penjelasan deskriptif terhadap kondisi sumber daya manusia di Bappeda Kabupaten Kediri
2.Menganalisis korelasi/ hubungan variable kemampuan dan motivasi pegawai
3.Mengetahui pengaruh langsung dan tak langsung faktor kemampuan dan motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai
4.Mengetahui faktor – factor yang dominan pengaruhnya terhadap kinerja pegawai
5.Menganalisis pengaruh kinerja terhadap produktifitas pegawai
Subjek Penelitian
Penelitian dilakukan di Bappeda Kabupaten Kediri dan direncanakan selama 3 (tiga bulan) dimulai pada Bulan Nopember 2011 sampai dengan Bulan Januari 2012. Para responden adalah keseluruhan pegawai di Bappeda Kabupaten Kediri sejumlah 46 orang.
Metode Penelitian
Diagram Jalur dan Persamaan Struktural pada saat akan melakukan analisis jalur,terlebih dahulu menggambarkan secara diagramatik struktur hubungan kausal antara variabel penyebab dengan variabel akibat. Diagram ini disebut Dia-gram Jalur (Path Diagram) yang ditentukan oleh proposisi teoritik yang berasal dari kerangka pikir sebelumnya.
Langkah-langkah Penelitian
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner. Berdasarkan daftar pertanyaan (kuesioner) yang telah disiapkan. Kuesioner, yaitu pengumpulan data dengan menyebarkan daftar pertanyaan kepada responden yang bersifat pertanyaan tertutup dengan beberapa alternatif pilihan jawaban. Pertanyaan ini digunakan untuk mendapatkan data tentang dimensi-dimensi variabel apa yang dianggap paling pentingoleh responden. Untuk mengukur jawaban pertanyaan dalam kuisioner ini digunakan skala Linkert dengan interval 1 sampai dengan 5. Kuesioner yang telah diisi oleh responden kemudian diperiksa kembali, untuk dipergunakan sebagai bahan penunjang untuk analisis
Hasil Penelitian
Kesimpulan Hasil Penelitian

a)Simpulan Hipotesis 1
Hipotesis pertama menyatakan bahwa Kemampuan Pegawai memiliki pengaruh yang posistif dan signifikan terhadap Kinerja Pegawai mampu dibuktikan kebenarannya. Dari analisis data juga terlihat bahwa kemampuan pegawai di Bappeda Kabupaten Kediri ini merupakan faktor yang paling berpengaruh pada produktifitas pegawai bila dibandingkan dengan pengaruh motivasi dan kinerja pegawai. Hal ini dapat disimpulkan sebagai berikut:“Kemampuan pegawai (kecekatan,pelatihan dan pendidikan) Bappeda Kabupaten Kediri merupakan syarat dalam pencapaian tugas pokok dan fungsi Bappeda”

b)Simpulan Hipotesis 2
Hipotesis kedua menyatakan bahwa Motivasi Pegawai memiliki pengaruh yang positif terhadap Kinerja Pegawai, terbukti kebenarannya. Dalam penelitian ini diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam menimbulkan motivasi pegawai di Bappeda Kabupaten Kediri adalah kebutuhan untuk berprestasi. Hal ini dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa:“Motivasi pegawai Bappeda Kabupaten Kediri dalam pencapaian kinerja lebih banyak dipengaruhi oleh keinginan untuk berprestasi semata. Keadaan ini memerlukan peran seorang pemimpin untuk dapat mewujudkan suasana kerja yang kondusif (saling bekerjasama, saling empati dan saling menghormati) dan bukan pendekatan kekuasaan dan jabatan”
.
c)Simpulan Hipotesis 3
Hipotesis ketiga menyatakan bahwa Kemampuan Pegawai mempunyai pengaruh yang positif terhadap Produktifitas Kerja telah terbukti kebenarannya. Produktifitas kerja pegawai Bappeda  ditentukan dari kemampuan pegawai memberikan saran masukan baik berupa penyiapan bahan rapat, membuat telah kepada pimpinan, dan saran masukan konsep pemikiran dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan (RPJM, RKPD, Renstra SKPD, RenjaSKPD, Penyusunan Rencana Tata Ruang,dan efektifitas dalam koordinasi dengan instansi lainnya sehingga. Semua aspek inilah yang akan berpengaruh terhadap target dan pencapaian program pembangunan daerah.

Kekuatan Penelitian
Penulis adalah staf di Bappeda Kabupaten Kediri sehingga penelitian dapat berjalan efektif dari sisi waktu, biaya dan tenaga serta ke mudahan dalam mendapatkan data-data yang diperlukan
Kelemahan Penelitian
Waktu yang dibutuhkan cukup memakan banyak waktu yatu sampai 3 bulan
Saran Riviewer
Lebih baik apabila waktu yang dibutuhkan lebih singkat


Jurnal Internasional I
Judul
Reward System And Its Impact On Employee Motivation In Commercial Bank Of Sri Lanka Plc, In Jaffna District.
Jurnal
Global Journal of Management and Business Research
Volume dan Halaman
Volume 11 Issue 4  Version 1.0
Tahun
March  2011
Penulis
Puwanenthiren Pratheepkanth
Reviewer
Febby Anzelia
Tanggal
14 Juni 2019

Tujuan Penelitian
OBJECTIVES OF THE RESEARCH
 This research is intended to achieve the following objectives:
  1.        To determine if there is a relationship between reward and employee motivation.
  2.        To determine the impact of rewards on motivation.
  3.        To determine which factors contribute to work motivation.
  4.        To determine the impact of biographical variables on work motivation.

(TUJUAN PENELITIAN
  Penelitian ini dimaksudkan untuk mencapai tujuan berikut:
  1.    Untuk menentukan apakah ada hubungan antara reward dan motivasi karyawan.
  2.    Untuk menentukan dampak penghargaan pada motivasi.
  3.    Untuk menentukan faktor mana yang berkontribusi terhadap motivasi kerja.
  4.        Untuk mengetahui pengaruh variabel biografi terhadap motivasi kerja.)

Subjek Penelitian
Employees of Bank of Jaffna
(karyawan Bank Jaffna)
Metode Penelitian
Primary and secondary data are used for the present study. Primary data are collected through the questionnaire. Secondary data are collected from annual reports, journals, internet, books and etc.
(Data primer dan sekunder digunakan untuk penelitian ini. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner. Data sekunder dikumpulkan dari laporan tahunan, jurnal, internet, buku dan lain-lain)
Langkah-langkah Penelitian
1.      Mengumpulkan teori
2.      Membagikan kuesioner
3.      Evaluasi hasil (result)
Hasil Penelitian
The regression equation shows the positive relationship between the extrinsic rewards and Employee Motivation That is when the extrinsic reward is made on the basic of Employee point of view; Employee Motivation will increased by 16.45.The correlation between extrinsic rewards and Employee Motivation is 0.7280, which shows the positive relationship between the two variables. According to the R-square, 53% of Employee
Motivation is accepted by Reward. According to the F
(Persamaan regresi menunjukkan hubungan positif antara penghargaan ekstrinsik dan Motivasi Karyawan Yaitu ketika penghargaan ekstrinsik dibuat atas dasar sudut pandang Karyawan; Motivasi karyawan akan meningkat sebesar 16,45. Korelasi antara penghargaan ekstrinsik dan Motivasi Karyawan adalah 0,7280, yang menunjukkan hubungan positif antara dua variabel. Menurut R-square, 53% Karyawan
Motivasi diterima oleh Hadiah. Menurut F)
Kekuatan Penelitian
Sumber yang didapatkan sangatlah banyak mulai dari kuesioner, laporan tahunan, jurnal, internet, buku dan lain-lain`
Kekurangan Penelitian
Hasil penelitian yang sedikit susah untuk di phami dan tidak langsung ke inti permasalahan.
Saran Reviewer
Hasil penelitian harus lebih terperinci dan bisa langsung ke inti permasalahan

Daftar pustaka
Jurnal nasional I

Jurnal nasional II

Jurnal internasional I

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi (Manajemen Perubahan) Review Jurnal Nasional I Judul MANAJE...