Kamis, 21 Juni 2018

LAPORAN PRODUK INOVASI ASIAN GAMES 2018



LAPORAN PRODUK INOVASI
ASIAN GAMES 2018





DISUSUN  :
Febby Anzelia
Indah Clara Monica
Shiva Nurul Aini
Debby Marissa


JURUSAN MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA PALEMBANG
2018




BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang
Dalam tugas mata pelajaran Praktek Bisnis ini kami mencoba menginovasikan produk yang kami beli pada Field Trip ke Malaysia, Singapura, dan Batam. Dalam proses pembuatan produk banyak keputusan yang di ambil untuk menyelesaikan sebuaah produk akhir yang dapat dijaul ke masyarakat, walaupun dengan permintaan yang tidak pasti namun jika kedepannya di lanjuutkan mungkin bisa menjadi lading bisnis bagi semua pihak.

1.2 Tujuan
Tujuan inovasi ini selain memenuhi salah satu tugas Praktik Bisnis juga bertujuan sebagai penambah pengetahuan sekaligus pengalaman dalam berwirausaha dan melakukan inovasi produk secara berkelompok.





BAB II
PROSES PRODUKSI

Ada dua produk yang kami produksi yaitu gantungan kunci dan kaos :

2.1 PROSES PRODUKSI
          1. Gantungan Kunci
                  
                    Bahan dan alat:
1.     Kain yang di printing
2.     Isian gantungan kunci (dakron)
3.     Jarum dan benang
4.     Gantungan kunci

Cara membuat:
1.     Jahit sebagian kain
2.     Sambungkan dengan gantungan kunci
3.     Masukkan sebagian drakon , ratakan hingga ukurannya sesuai keinginan
4.     Jahit lagi sisa kain yang belum di jahit lalu selesai

Rincian dana :
5 Kain printing  (Rp. 3.000)              Rp. 15.000
Isian drakon                                       Rp. 8.000
Jarum dan benang                              Rp. 4.000
5 Gantungan kunci         (Rp. 2.000)                   Rp. 10.000
Total                                                  Rp. 37.000

2.  Kaos
        
          Bahan dan alat :
1.     Kaos polos bahan 30S
2.     Desain logo asian games 2018

Cara membuat:
1.     Kaos polos dibawa ke tempat penyablonan dengan desain yang kita siapkan sendiri agar harga yang didapat lebih murah

Rincian dana :
4 kaos polos (Rp. 20.000)                 Rp. 80.000
Biaya sablon 4 kaos                           Rp. 40.000
Total                                                  Rp. 120.000

2.2           LAPORAN KEUANGAN

Modal @Rp. 39.250 x 4 anggota
= Rp. 157.000
Pengeluaran
= Rp. 157.000

2.3           PENJUALAN

5 gantungan kunci @Rp. 15.000
Rp. 75.000
4 kaos sablon @Rp. 45.000
Rp. 180.000
Total Penjualan
Rp. 255.000
Keuntungan Penjualan
Rp. 98.000



2.4           KENDALA

Dalam pembuatan gantungan kunci kendala yang sering dialami adalah hasil jahitan yang kurang rapih sehingga terlihat tidak menarik, untuk kendala dalam pembuatan kaos sendiri yang jadi masalah adalah sulitnya mencari jasa sablon yang harga dan kualitasnya sesuai dengan keinginan kita.


2.5           STRATEGI PEMASARAN

Strategi pemasaran selama penjualan produk ini adalah secara face to face karna kami menjual hanya ke sekitar lingkungan saja seperti keluarga, kerabat, dan teman kampus saja.



2.6           HASIL PEMBAHASAN

Dari hasil penjualan dapat dinyatakan bahwa prouk yang kami buat cukup menarik untuk kalangan sekitar kami terutama gantungan kunci yang juga bisa digunakan sebagai tampat jarum jahit maupun jaruk pentol.



2.7           LAMPIRAN FOTO





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi (Manajemen Perubahan) Review Jurnal Nasional I Judul MANAJE...