Minggu, 17 Juni 2018

LAPORAN FIELD TRIP MANAJEMEN 2018 (MALAYSIA, SINGAPURA, DAN BATAM)


LAPORAN FIELD TRIP MANAJEMEN 2018
(MALAYSIA, SINGAPURA, DAN BATAM)



Febby Anzelia
Indah Clara Monica
Shiva Nurul Aini
Debby Marissa

DAY-1 (Beryl’s Fine Chocolate)
Perjalanan coklat di Malaysia
Coklat dibawa ke Malayasia dari Filipina pada abad ke-18, kawasan yang pertama di temukan coklat adalah Melaka tahun 1778.

Kawasan penanaman
Penanaman  secara komersial di Malaysia dimulai awal tahun 1950, lalu mengalami pertumbuhan pesat pada tahun 1970-1980an

Penggiling  Coklat
Dimulai pada tahun 1973 berkembang pada tahun 1980. sebagai pusat penggiling dan pemprosesan coklat terbesar di Asia Malaysia mempunyai 11 penggiling coklat pada tahun 2009 dengan jumlah eksport tahunan sebanyak RM 3.35 M pada tahun 2008.

Ekspor biji coklat dan produk-produk coklat
Penyumbang utama pendapatan ekspor imulai dari mentega, lalu diiuti oleh serbuk coklat, coklat, pasta coklat dan biji coklat.     

(Genting Highland – Sky Way )
Genting Highlands atau Tanah Tinggi Genting (2000 m di atas muka laut) adalah puncak gunung dari pegunungan Titiwangsa di Malaysia serta menjadi tempat resort terkenal dengan nama yang sama. Berada di perbatasan negara bagian Pahang dan Selangor, tempat ini dapat dicapai dengan satu jam berkendara roda empat dari Kuala Lumpur atau melalui kereta gantung Genting Skyway yang saat ini merupakan yang tercepat di dunia dan terpanjang di Asia Tenggara.

Genting Highlands didirikan oleh Lim Goh Tong  dari Fujian, Cina pada awal tahun 1960-an. Sejak itu, Genting Highlands berkembang pesat dan menghasilkan perusahaan-perusahaan lainnya di bawah Genting Bhd, seperti perusahaan kertas, stasiun pembangkit tenaga listrik, perusahaan perkebunan, perumahan, perusahaan minyak, kapal pesiar, dll.

DAY 2 (Univ Utara Malaysia KL)
Didirikan pada tahun 1984, Universitas Utara Malaysia (UUM) adalah universitas negeri keenam di Malaysia dan tidak diragukan lagi salah satu yang terbaik. UUM bertujuan untuk menjadi pusat akademik keunggulan dalam pengajaran, penelitian, konsultasi, dan publikasi dalam manajemen. Bahkan, Universiti Utara Malaysia (UUM) didirikan untuk mengkhususkan diri dalam promosi dan pengembangan manajemen pendidikan di Malaysia.

(Pasar Seni)
Pasar Budaya atau Pasar Seni ialah sebuah tempat menarik di sekitar bandar raya Kuala Lumpur, Malaysia. Lokasinya terletak berhampiran Sungai Klang, iaitu berdekatan dengan bangunan Dayabumi. Dahulunya dikenali sebagai Pasar Besar Kuala Lumpur yang menjual barang-barang basah seperti ikan, daging, ayam, sayur-sayuran dan barangan runcit, barang-barang yang dijual itu adalah barangan keperluan harian kepada para penduduk.

Pada hari ini, Pasar Seni merupakan pusat budaya untuk pameran dan pembangunan kebudayaan, kesenian, dan bidang "kerajinan tangan" di Malaysia. Pasar Seni merupakan kumpulan toko-toko yang fokus kepada hasil kerja tangan masyarakat Malaysia yang menjual pakaian dan barangan traditional seperti yang dibuat dengan batik tradisi Malaysia.

(Universitas Kuala Lumpur)
Universitas Kuala Lumpur (UniKL) adalah universitas teknik universitas multi-kampus dengan kampus utamanya yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia. Dinilai sebagai "Universitas Unggul" oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia pada tahun 2009, 2011, dan 2013.
UniKL memiliki 14 institut yang tersebar di 12 kampus di seluruh Malaysia di Kuala Lumpur, Gombak, Cheras, Bangi, Kajang, Sepang, Taboh Naning, Pasir Gudang, Ipoh, Lumut dan Kulim.

DAY 3 (Yakult Malaysia)
Yakult adalah minuman probiotik mirip yogurt yang dibuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan bakteri Lactobacillus casei.
Yakult ditemukan oleh doktor Minoru Shirota pada 1930. Pada 1935, ia mendirikan Yakult Honsha Co., Ltd.

Saat ini, Yakult diproduksi dan dijual di Jepang, Asia, Australia, Amerika Latin, dan Eropa, walaupun induk bakterinya masih diimpor dari Jepang.
Bahan baku yakult Malaysia yaitu susu bubuk, sukrosa, glukosa, perisa dan air semua bahan lokal namun khushus untuk bakteri Lacyobacilus aktif di import dari Jepang.
Semua mesin dalam proses produksi didatangkan langsung dari Jepang. Termasuk mesin pemproduksi botol karna Yaklut Malaysia memproduksi botol sendiri
Yakult yang diproduksi mulai 450,000-700.000 perhari dari pukul 08.00-17.00 waktu setempat

(Melaka)
Masjid Selat Melaka
Masjid yang dibangun diatas pulau buatan ditepi laut yang dimana saat air laut pasang maka masjid akan terlihat seperti terapung.

Rumah Merah
Dbangun oleh Belanda pad tahun 1650 rumah merah dengan seluruh bangunan berarna merah termasuk bangunan menara jam yang berwarna merah terletak di tengah-tengah bandaraya  Melaka

DAY-4 (Chine Town)
Chinatown adalah sebuah daerah di sebelah selatan Singapura. Di mana terdapat pusat perbelanjaan dan barang yang ditawarkan harganya sangat murah mulai dari oleh-oleh, coklat, kerajinan tangan, dan jajanan lokal. Untuk pergi ke Chinatown, bisa menggunakan MRT atau bus

DAY-5 (Kedai Durian Tok Ngah)
Awal mulanya hanya sebuah industri rumahan yang memasaran produk melalui sosial media pada tahun 2013 lalu sekarang berkembang pesat dan memiliki 5 cabang, menjadi industri besar yang berfokus pada oleh-oleh khas Batam. Alasan utama memilih konsep usaha oleh-oleh khas Batam karena bukan bisnis musiman. Berfokus pada bahan baku durian yang di datangkan langsung dari Medan

Produk andalan yang disediakan Kedai :
Golden durian, brownis durian, otak-otak, luti gendang, pancake durian dan berbagai macam coklat

Kesimpulan

Malaysia
1.     Pemerintah yang menyediakan lahan atau tempat bagi para pengerajin sangatlah membantu kemajuaan ekonomi penduduk
2.     Ketegasan pemerintah bisa dilihat dari teraturnya masyarakat dalam menjalankan kegiatan ekonomi
3.     Bagi para pelancong tidak susah untuk mencari oleh-oleh khas Malaysia karna sudah ada tempat tersendiri yang di fasilitasi dengan sangat tersusun


Singapura
1.     Terbatasnya lahan di Negara ini membuat para penduduk memanfaatkan lahan untuk hal yang bijak dan bermanfaat
2.     Mudahnya akses kesegala tempat membuat para pelancong bisa menjelajahi Negara ini dengan mudah
3.     Pertumbuhan ekonomi yang pesat dan masyarakat yang taat akan aturan membuat Negara ini menjadi Negara termahal


Batam
1.     Barang yang bisa dibeli di Batam biasanya barang dari Negara lain dijual di Batam dengan harga miring, bahkan sebaliknya barang dari Batam dijual dinegara sekitarnya
2.     Barang-barang di Batam sangat banyak dan bervariasi mulai dari tas, pakaian, handphone, dan lain-lain
3.     Oleh-oleh dari Batam yang sudah terkenal mungkin bisa ditingkatkan lagi inovasinya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi (Manajemen Perubahan) Review Jurnal Nasional I Judul MANAJE...