Minggu, 29 Oktober 2017

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS SEKITAR KAMPUS MULTI DATA PALEMBANG (MDP)


ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS SEKITAR KAMPUS MULTI DATA PALEMBANG (MDP)



Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM


Disusun oleh:     Febby Anzelia (1620200072)




PROGRAM STUDI MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA PALEMBANG
2017





KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kepadaTuhan Yang MahaEsa, karena berkat dan rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah berjudul “ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS SEKITAR KAMPUS MDP”.Adapaun makalah ini kami susun untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Lingkungan Bisnis.

Dalam pembuatan makalah ini,  penulis menyadari bahwa makalah ini teramat jauh dari kata sempurna.Oleh karena itu, semua bentuk perbaikan, saran, kritik, masukan dari teman -teman mahasiswa dan terutama dari dosen sangat kami hargai untuk peningkatan kualitas tulisan kami di kemudian hari.Akhir kata, harapan besar kami adalah semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita semua.


BAB I
PENDAHULUAN

1.1               Latar Belakang

Pakde Paiman adalah seorang suami dan ayah kelahiran Jawa Tengah. 31 Desember tinggal di Jalan Veteran berjualan makanan ringan maupun minuman yang terlekak dipinggir jalan disebelah Masjid Al-Fallah. Ia berjualan dengan sang istri pada tahun 2015 hingga saat ini sudah banyak mengalami perkembangan dibandingkan pada tahun pertama mereka berjualan yang hanya menjual beberapa makanan ringan dan minuman dengan kapasitas penjualan yang kecil. Pakde Paiman yang selalu berjualan setiap hari selalu mendapatkan pelanggan dari kalangan ojek online yang singgah ditoko Pakde Paiman untuk beristirahat ataupun menunggu orderan.

1.2               Rumusan Masalah
1.       Bagaimana proses perjalan bisnis Pakde Paiman?
2.       Apa aja produk yang dipasarkan?
3.       Bagaimana analisis SWOT bisnis Pakde Paiman?
4.       Apa inovasi yang cocok untuk bisnis Pakde Paiman?

1.3               Tujuan
1.       Mengetahui proses bisnis Pakde Paiman
2.       Mengetahui produk yang dipasarkan
3.       Menganalisis bisnis Pakde Paiman
4.       Memberikan inovasi



BAB II
PEMBAHASAN

2.1          Proses bisnis Pakde Paiman

                Pakde berjualan setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB namun pada siang hari pakde akan ditemani oleh sang istri berjualan yaitu bukde. Pakde berjualan disamping Masjid Al-Fallah Rajawali dengan  modal utama yang digunakan untuk berbelanja produk sekitar Rp. 2.000.000 menyewa tempat yang dibayar perbulan Rp. 300.000 dan ada uang jaga malamnya juga yang tiap bulan harus membayar Rp. 100.000. kebanyakan pelanggan Pakde adalah para jema’ah Masjid dan para ojek online yamg singgah untuk berbelanja maupun hanya untuk beristirahat. Pakde banyak bekerja sama dengan para pemasok barang seperti

1.       Nu Grean Tea
Bekerja sama dengan cara memfasilitasi Pakde Paiman sebuah show case untuk minuman minuman dingin tanpa harus membayar sepeser pun namun syarat yang diajukan pemasok Nu Grean Tea adalah harus ada produk Nu Grrean Tea yang dipajang dalam show case tersebut.

2.       LA Bold
Bekerja sama dengan cara pihak pemasok memasang spanduk ditoo Pakde Paiman dengan mengatakan tiap 6 bulan seakli akan memberikan komisi untukpemasangan spanduk itu namun sudah berjalan 1 taun Pakde Paiman baru dibayar 1 kali itupun saat pihak pemasok memasang spanduknya.
Pakde Paiman tidak selalu berbelanja kepada pemasok atau sales yang datang ke warung namun lebih sering berbelanja ke pasar, pasar yang paling dikunjungi adalah pasar Kuto. Pakde Paiman juga menerima jasa titip barang jualan yang kemudian akan dia jual kembali dengan untung yang tidaklah banyak. Pakde Paiman juga menyediakan minuman yang siap seduh dengan mengambil keuntungan yang lumayan untuk minuman serbuk yang diseduh.

2.2               Produk yang dipasarkan

A.      Produk yang dibeli sendiri
1.       Minuman bubuk
2.       Minuman dingin siap minum
3.       Air mineral
4.       Kacang-kacangan
5.       Buku teka-teki silang
6.       Amplop
7.       Minyak angin
8.       Obat masuk angin
9.       Tisu
10.   Botol minum
11.   Permen
12.   Kemplang
13.   Rokok
14.   Korek api
15.   Snack coklat

B.      Produk titipan
1.       Peyek
2.       Donat
3.       Roti wijen
4.       Roti kacang
5.       Kripik pedas
6.       Kripik manis
7.       Kripik singkong

2.3          Analisis SWOT bisnis Pakde Paiman
Strength (kekuatan)
1.       Lokasi yang sangat teduh dibawah pohon rindang mejadi lokasi para pejalan kaki maupun ojek online untuk beristirahat
2.       Lokasi dekat dengn masjid yang selalu ramai
Weakness (kelemahan)
1.       Produk yang dijual kurang banyak atau tidak bervariasi

Opportunities (peluang)
1.       Dengan memanfaatkan lokasi yang sangat stategis Pakde Paiman bisa menambahkan beberapa produk untuk dipasarkan
2.       Dengan sudah adanya show case mempermudah Pakde Paiman untuk menjual makanan dingin
Treath (ancaman)
1.       Adanya pedagang yang sama sama menjual makanan dan minuman membuat tidak seluruh para pelanggan datang ke toko Pakde Paiman

2.4               Inovasi bisnis Pakde Paiman

1.       Ada baiknya Pakde Paiman menjual pulsa karna untung yang didapat juga cukup lumayan dengan target pemasaran yaitu para driver ojek online pasti selalu membutuhkan pulsa
2.       Menjual berbagai macam makanan ataupun snack yang lebih beragam lagi
3.       Menambahkan tempak duduk yang nyaman dan banyak agar para driver bisa betah dan terus menerus memesan dan datang lagi



BAB III
PENUUTUP

3.1               Kesimpulan

Walaupun keuntungan yang didapat Pakde Paiman tidaklah banyak namun cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk keperluan anak dan istrinya. Namun bila Pakde Paiman sangat berfokus pada bisnis ini maka Pakde Paiman bisa saja mendapatkankeuntungan yang lebih. Dengan memiliki lokasi berjualan yang sangat strategis Pakde Paiman bisa membuat tokonya menjadi lokasi nongkrong ataupun menjadi lokasi para driver untuk beristirahat dan berbelanja ditoko Pakde Paiman.


Lampiran Foto




1 komentar:

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi

Review Jurnal Manajemen Perubahan dan Budaya Organisasi (Manajemen Perubahan) Review Jurnal Nasional I Judul MANAJE...