ANALISIS
LINGKUNGAN BISNIS SEKITAR KAMPUS MULTI DATA PALEMBANG (MDP)
Dosen Pengampuh :
Charisma Ayu Pramuditha, M.HRM
Disusun oleh: Febby Anzelia (1620200072)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI
MULTI DATA PALEMBANG
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kepadaTuhan Yang MahaEsa, karena berkat dan rahmat-Nya kami
dapat menyelesaikan makalah berjudul “ANALISIS
LINGKUNGAN BISNIS SEKITAR KAMPUS MDP”.Adapaun makalah ini kami susun untuk
memenuhi tugas dalam mata kuliah Lingkungan Bisnis.
Dalam pembuatan
makalah ini, penulis menyadari bahwa
makalah ini teramat jauh dari kata sempurna.Oleh karena itu, semua bentuk
perbaikan, saran, kritik, masukan dari teman -teman mahasiswa dan terutama dari
dosen sangat kami hargai untuk peningkatan kualitas tulisan kami di kemudian
hari.Akhir kata, harapan besar kami adalah semoga makalah ini membawa manfaat
bagi kita semua.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pakde Paiman adalah
seorang suami dan ayah kelahiran Jawa Tengah. 31 Desember tinggal di Jalan
Veteran berjualan makanan ringan maupun minuman yang terlekak dipinggir jalan
disebelah Masjid Al-Fallah. Ia berjualan dengan sang istri pada tahun 2015
hingga saat ini sudah banyak mengalami perkembangan dibandingkan pada tahun
pertama mereka berjualan yang hanya menjual beberapa makanan ringan dan minuman
dengan kapasitas penjualan yang kecil. Pakde Paiman yang selalu berjualan
setiap hari selalu mendapatkan pelanggan dari kalangan ojek online yang singgah
ditoko Pakde Paiman untuk beristirahat ataupun menunggu orderan.
1.2
Rumusan Masalah
1.
Bagaimana proses perjalan bisnis Pakde Paiman?
2.
Apa aja produk yang dipasarkan?
3.
Bagaimana analisis SWOT bisnis Pakde Paiman?
4.
Apa inovasi yang cocok untuk bisnis Pakde
Paiman?
1.3
Tujuan
1.
Mengetahui proses bisnis Pakde Paiman
2.
Mengetahui produk yang dipasarkan
3.
Menganalisis bisnis Pakde Paiman
4.
Memberikan inovasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Proses
bisnis Pakde Paiman
Pakde berjualan
setiap hari mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB namun pada siang hari pakde
akan ditemani oleh sang istri berjualan yaitu bukde. Pakde berjualan disamping
Masjid Al-Fallah Rajawali dengan modal
utama yang digunakan untuk berbelanja produk sekitar Rp. 2.000.000 menyewa
tempat yang dibayar perbulan Rp. 300.000 dan ada uang jaga malamnya juga yang
tiap bulan harus membayar Rp. 100.000. kebanyakan pelanggan Pakde adalah para
jema’ah Masjid dan para ojek online yamg singgah untuk berbelanja maupun hanya
untuk beristirahat. Pakde banyak bekerja sama dengan para pemasok barang
seperti
1.
Nu Grean Tea
Bekerja sama
dengan cara memfasilitasi Pakde Paiman sebuah show case untuk minuman minuman
dingin tanpa harus membayar sepeser pun namun syarat yang diajukan pemasok Nu
Grean Tea adalah harus ada produk Nu Grrean Tea yang dipajang dalam show case
tersebut.
2.
LA Bold
Bekerja sama
dengan cara pihak pemasok memasang spanduk ditoo Pakde Paiman dengan mengatakan
tiap 6 bulan seakli akan memberikan komisi untukpemasangan spanduk itu namun
sudah berjalan 1 taun Pakde Paiman baru dibayar 1 kali itupun saat pihak
pemasok memasang spanduknya.
Pakde Paiman tidak selalu
berbelanja kepada pemasok atau sales yang datang ke warung namun lebih sering
berbelanja ke pasar, pasar yang paling dikunjungi adalah pasar Kuto. Pakde
Paiman juga menerima jasa titip barang jualan yang kemudian akan dia jual
kembali dengan untung yang tidaklah banyak. Pakde Paiman juga menyediakan
minuman yang siap seduh dengan mengambil keuntungan yang lumayan untuk minuman
serbuk yang diseduh.
2.2
Produk yang dipasarkan
A. Produk
yang dibeli sendiri
1.
Minuman bubuk
2.
Minuman dingin siap minum
3.
Air mineral
4.
Kacang-kacangan
5.
Buku teka-teki silang
6.
Amplop
7.
Minyak angin
8.
Obat masuk angin
9.
Tisu
10.
Botol minum
11.
Permen
12.
Kemplang
13.
Rokok
14.
Korek api
15.
Snack coklat
B. Produk
titipan
1.
Peyek
2.
Donat
3.
Roti wijen
4.
Roti kacang
5.
Kripik pedas
6.
Kripik manis
7.
Kripik singkong
2.3 Analisis SWOT bisnis Pakde Paiman
Strength (kekuatan)
1.
Lokasi yang sangat teduh dibawah pohon rindang
mejadi lokasi para pejalan kaki maupun ojek online untuk beristirahat
2.
Lokasi dekat dengn masjid yang selalu ramai
Weakness (kelemahan)
1.
Produk yang dijual kurang banyak atau tidak
bervariasi
Opportunities (peluang)
1.
Dengan memanfaatkan lokasi yang sangat stategis Pakde
Paiman bisa menambahkan beberapa produk untuk dipasarkan
2.
Dengan sudah adanya show case mempermudah Pakde
Paiman untuk menjual makanan dingin
Treath (ancaman)
1.
Adanya pedagang yang sama sama menjual makanan
dan minuman membuat tidak seluruh para pelanggan datang ke toko Pakde Paiman
2.4
Inovasi bisnis Pakde Paiman
1.
Ada baiknya Pakde Paiman menjual pulsa karna
untung yang didapat juga cukup lumayan dengan target pemasaran yaitu para
driver ojek online pasti selalu membutuhkan pulsa
2.
Menjual berbagai macam makanan ataupun snack
yang lebih beragam lagi
3.
Menambahkan tempak duduk yang nyaman dan banyak agar
para driver bisa betah dan terus menerus memesan dan datang lagi
BAB III
PENUUTUP
3.1
Kesimpulan
Walaupun keuntungan
yang didapat Pakde Paiman tidaklah banyak namun cukup untuk memenuhi kebutuhan
sehari-hari untuk keperluan anak dan istrinya. Namun bila Pakde Paiman sangat
berfokus pada bisnis ini maka Pakde Paiman bisa saja mendapatkankeuntungan yang
lebih. Dengan memiliki lokasi berjualan yang sangat strategis Pakde Paiman bisa
membuat tokonya menjadi lokasi nongkrong ataupun menjadi lokasi para driver
untuk beristirahat dan berbelanja ditoko Pakde Paiman.
Lampiran Foto
85
BalasHapus